PIDATO SAMBUTAN DEKLARASI IINTLA (INTERNATIONAL INBOUND TOUR LEADER ASSOCIATION)

PIDATO SAMBUTAN DEKLARASI IINTLA
(INTERNATIONAL INBOUND TOUR LEADER ASSOCIATION)
Jakarta, 8 Juli 2022.

SALAM PEMBUKA
“Assalamualaikum” , “Om swastiastu”, “Shalom”, “Namo Buddhaya” Salam Kebajikan.

Terima kasih kepada Pak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (MenParEkraf) beserta jajaranya, Para Pejuang Perjalanan, Frontliners/Garda Depan Pariwisata.

Dengan rasa syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, dan perjuangan Panjang, melelahkan, akhirnya Asosiasi Pengatur Pariwisata Kreatif lnternasional (IINTLA) SK KEMENKUMHAM NO. AHU-0001403.AH.01.07. TAHUN 2022, AKTA NOTARIS NO.04 Tanggal 28 Januari 2022 oleh Ratna Wulandari, SH.MK.N, sebagai wadah/tempat untuk belajar, dan bekerja melayani wisatawan mancanegara di Indonesia, sekaligus Kami deklarasikan hari ini, Jum’at, 8 Juli 2022 di Jakarta.

Asosiasi ini diprakarsai oleh beberapa pengatur wisata yang berpengalaman dari 7 wilayah tujuan wisata Indonesia, denga Pengurus DPP, DPW: Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Bali, Lombok, NTB, dan Kalimantan Selatan. Juga bekerjasama dengan Seluruh pihak, seperti Agent Perjalanan, POKDARWIS, Penginapan, restaurant dan destinasi wisata.

VISI:
Menjadi organisasi kepariwisataan serta pengatur wisata yang handal, diakui dan terpercaya dalam memelihara kompetensi profesi secara NASIONAL dan INTERNASIONAL.

MISI:
1. Menegakkan standar mutu pengatur wisata sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
2. Menegakkan standar mutu pengatur wisata sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
3. Berperan aktif dalam menjamin mutu kompetensi sumber daya manusia Indonesia di pasar kerja nasional dan internasional.

Para Pejuang Jalanan, Frontliners/Garda Depan Pariwisata, yang sudah bekerja di sector ini, rata-rata 10 tahun lebih, memberikan informasi dan layanan secara luas, alat promosi langsung kepada wisatawan, dinilai langsung oleh wisatawan yang dibawa, kalau nilainya tidak bagus, bisa tidak dapat bayaran atau malah tidak dipakai lagi oleh agent atau black list.

Kami ini bukan sekedar penterjemah, tetapi harus siap menjadi semacam
* ENGSIKLOPEDIA berjalan, Kami adalah Generalis, bukan Spesialis. Kami tahu sedikit tentang banyak hal.
* STRATEGIC THINKER, Pemikir Strategis, Strategic Plan, sejak Tour Start. Apalagi menjadi TL di Negara lain.

Sebab: ada di antara kami jadi TOUR LEADER

INTERNATIONAL.
* PROBLEM SOLVER yang handal, Kriminal, Pelecehan, Tamu hilang, dll.

* KOMUNIKATOR serta DIPLOMAT yang ulung. Sebagai contoh, meskipun Rusia & Ukraina saat ini berperang, tetapi di tangan Kami, para Travelers dari kedua negara ini bisa bersahabat seperti keluarga selama perjalanan dan akan dibawa ke dalam keluarga dan negaranya.

* Kami adalah Pekerja-Pekerja INOVATIVE bukan Pekerja POLITIK. Karena Asosiasi Kami memang Non Politik, Non Rasial, Non Religious. Kompetensi Kami tidak perlu diragukan, karena ilmunya adalah praktek langsung, bukan teori. ASOSIASI atau (INDONESIAN INBOUND TOUR LEADER ASSOCIATION) ini bisa jadi tempat belajar dan panutan bagi generasi muda yang tertarik berkarir di dunia Tour Leader ini.

Kami-Kami inilah sebenarnya cocok menduduki posisi/bekerja di Kementrian Pariwisata atau mungkin sebagai Menteri Pariwisata, Kalau Pak Menteri jadi Presiden di tahun 2024 nanti, silahkan recruit salah satu dari Kami. Kalau ada yang cari mantu: Pilih Tour Leader. Orang lain saja di jaga, apalagi Anak Anda.

USULAN/PERTANYAAN
1. IINTLA Sbg Organisasi yang sudah sah dan berbadan hukum mengeluarkan Lisensi bagi anggotanya Agar aman dan nyaman dalam melaksanakan tugas dilapangan sbg Tour Guide atau Tour leader dengan kontrol selain dari organisasi juga dari Dinas pariwisata dan Kemenparekraf (Mencabut dan memberikan ijin)

2. Adakah aturan pemerintah yg mengatur soal Turis asing yg melakukan perjalanan wisata di Indo tanpa menggunakan tenaga kerja lokal (Tour leader dan Tour guide), kemana kami harus melaporkan jika kami mendapatkan perilaku tsb dan kemana kami harus melaporkan penyimpangan tersebut .

Demikianlah sekilas sejarah terbentuknya Organisasi Asosiasi Pengatur Pariwisata
Kreatif International, semoga Pariwisata Indonesia semakin Berjaya.

Terima Kasih. A/N: Ketua Umum:

Check Also

La inauguración de la Asociación de Líderes de Turismo Inbound de Indonesia (IINTLA)

La Asociación de Líderes de Turismo Inbound de Indonesia (IINTLA) se estableció con la esperanza …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *